ameliaokta

all stories about me and around my little world

mitos dan fakta seputar kehamilan

Gambar

saat pertama mengetahui kalo saya hamil, saya langsung cari informasi mengenai seputar kehamilan. salah satunya mitos – mitos mengenai kehamilan. kebiasaan di masyarakat yang mengatakan ibu hamil harus ini, ga boleh itu, juga terjadi di keluraga saya, seperti ga boleh minum es, ga boleh makan pedes dsb. ini nih yang mau saya share.

Beberapa fakta dari mitos-mitos berikut ini mungkin dapat membantu Anda dari kebingungan :

1. MITOS : Saat hamil harus makan dua kali lipat.

FAKTA: saat hamil memang anda akan merasakan lapar yang luar biasa. namun makan dua kali lipat dari porsi biasa itu juga salah, cobalah makan sedikit demi sedikit namun sering. usahakan jangan sampai terlalu kenyang dan jangan sampai terlalu kelewat lapar. yang perlu di perhatikan dari asupan makanan kita adalah kandungan nutrisinya. makan terlalu banyak akan mengakibatkan obesitas pada tubuh si ibu sehingga dapat menyulitkan proses persalinan.

2. MITOS : Saat hamil tidak boleh makan buah pisang ambon, nanas, timun, nangka dan durian.

FAKTA: banyak yang mengatakan bahwa mengkonsumsi buah buahan jenis ini akan menyebabkan perut panas yang berdampak pada keguguran. hal tersebut salah,rasa panas pada perut setelah mengkonsumsi buah-buahan ini di mungkinkan kandungan yang menyebabkan gas di perut. orang yang tidak hamil pun akan merasakan hal yang serupa apabila mengkonsumsi buah tsb dalam jumlah yang terlampau banyak.  Anda boleh mengkonsumsi semua jenis buah asalkan tidak berlebihan. Seandainya terjadi gangguan pada tubuh saat mengkonsumsi, mungkin saat itu Anda sedang tidak fit atau memang Anda alergi terhadap buah tersebut.

selain itu, mitos ini sangat dipercaya oleh sebagian masyarakat di jawa karena bisa mengakibatkan keputihan. Bahkan mereka percaya bahwa nanas bisa  menyebabkan keguguran. Konsumsi pisang, nanas, dan mentimun justru disarankan karena kaya akan viatamin C dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan melancarkan proses pembuangan sisa-sisa pencernaan.

Adapun keputihan tidak selalu membahayakan. Saat hamil maupun setelah melahirkan, adalah normal jika ibu mengalami keputihan. Kecuali juka keputihan tersebut terinfeksi oleh bakteri, jamur, dan virus yang biasanya ditandai dengan keluhan gatal, bau tidak sedap, dan warnanya kekuningan, kehijauan atau kecoklatan.

3. MITOS : Ibu hamil tidak boleh makan daging kambing karena membahayakan janin.

FAKTA: jika Anda tidak mempunyai riwayat penyakit kolesterol dan jantung, Anda boleh menyantap daging kambing asalkan dalam porsi sewajarnya, karena daging kambing mengandung kadar purin (lemak jenuh) tinggi yang bisa mempengaruhi metabolisme asam urat. Hal inilah yang berbahaya bagi penderita kolesterol dan jantung.

4. MITOS : Minum es membuat janin besar.

FAKTA: air dengan ataupun tanpa es, sebenarnya tidak memiliki nilai gizi atau energi, sehingga tidak mempengaruhi peningkatan berat badan Anda maupun janin. Minum es selama kehamilan tidak akan menyebabkan janin menjadi besar, kecuali jika ibu hamil minum es yang ditambah sirup, madu, atau gula secara berlebihan. Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam gula inilah yang menyebabkan bayi memiliki berat di atas normal.

Selain kelebihan gula, ukuran janin juga ditentukan oleh faktor genetik dan asupan nutrisi. Orang tua yang bertubuh besar  sangat mungkin akan melahirkan bayi yang juga besar. Asupan nutrisi yang baik sangat mempengaruhi perkembangan fisik janin, sehingga janin akan berkembang dengan baik.

5. MITOS : Tidak boleh berhubungan suami-istri terlalu sering.

FAKTA: jika Anda memiliki riwayat keguguran berulang (abortus habitualis), aktivitas ini memang perlu dilakukan dengan sangat hati-hati terutama pada kehamilan muda. namun, pada wanita yang berhubungan seksual setelah usia kehamilan memasuki 36 minggu, bisa melahirkan dalam waktu 2-5 hari ketimbang yang tidak melakukannya, demikian temuan studi terkini. Menurut dokter, prostaglandin (zat dalam air mani) yang berkombinasi dengan hormon wanita yang dilepaskan selama masa sanggama bisa menyebabkan kontraksi. Sementara itu, tidak semua pakar menyetujui hal ini saling berkaitan. Namun, 1 hal yang pasti: Mendekati hari H, nggak ada salahnya mencoba kok.

6. MITOS : Minum jamu lebih aman.

FAKTA: penelitian terhadap bahan jamu murni pun membuktikan bahwa tidak semua jamu aman, karena dalam bahan jamu (sekalipun dari alam) tentu ada jenis dari tanaman tertentu yang mengandung alkohol dan dapat mempengaruhi rahim sehingga membahayakan janin. alangkah lebih baiknya hindari dulu minim jamu selama kehamilan, namun jika dalam kondisi tertentu Anda harus mengkonsumsi jamu sebaiknya masih dalam pengawasan dokter.

7. MITOS : Jangan kerja atau olah raga berat.

FAKTA: wanita hamil manapun tidak akan dianjurkan untuk melakukan pekerjaan atau olah raga yang terlalu berat. Terutama yang telah mengalami keguguran ataupun proses melahirkan beberapa kali sebelumnya.
8. MITOS : Membatasi makanan tertentu.

FAKTA: jika Anda pernah mengalami pre-eklamsia, ginjal, atau  darah tinggi, Anda memang harus membatasi makanan yang mengandung banyak garam. Begitupula jika Anda mempunyai riwayat kencing manis, kurangi makanan manis, makanan berkalori  tinggi dan berlemak jenuh.
9. MITOS : Tidak boleh mengurut perut.

FAKTA: mengurut perut dengan keras dapat menimbulkan stress pada janin dan akan mengganggu pertumbuhannya. Mengurut perut dapat menimbulkan komplikasi apabila sudah ada gangguan pelekatan plasenta, dimana pelekatan plasenta yang rapuh, mudah lepas dan luruh akan mengakibatkan pendarahan.
10. MITOS : Minum air kelapa mempercepat persalinan.

FAKTA: sebenarnya belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal tersebut, karena kelancaran persalinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Kalaupun sesaat setelah minum air kelapa Anda dapat melahirkan dengan lancar, mungkin janin dalam perut memang telah menunjukkan tanda-tanda persalinan. selain itu, banyak pula yang mengatakan bahwa ibu hamil yang sering mengkonsumsi air kelapa, anaknya akan bersih dan mulus. untuk khasiat dari air kelapa untuk ibu hamil bisa di lihat disini.

11.  MITOS : Leher ibu hamil yang menghitam atau puting yang berwarna gelap menandakan bayinya laki-laki.

FAKTA : Perubahan warna pada leher atau puting tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi. Perubahan warna kulit pada ibu hamil diakibatkan peningkatan progesteron dan melanost (hormon yang mengatur pigmentsi kulit). Karena itu puting susu yang menghitam biasa terjadi pada kehamilan, baik pada ibu hamil yang mengandung bayi laki-laki atau perempuan. Selain perubahan warna kulit dan puting susu, ibu hamil juga memiliki guratan kehitaman di perut dan garis hitam dari pusar ke bagian pugbis. Namun gejala ini akan menghilan setelah melahirkan.

12.  MITOS : Bila bentuk perut calon ibu membulat, berarti bayinya perempuan.

FAKTA :  Bentuk perut ibu hamil yang lonjong atau bulat tergantung pada posisi janin dalam kandungan. Jika janin melintang, perut akan terlihat melebar. Namun jika posisi janin memanjang, perut akan terlihat tinggi. Selain itu, bentuk perut ibu hamil juga tergantung pada elastisitas otot dan volume air ketuban. Pada kehamilan anak pertama, perut akan tampak bulat karena otot masih kencang. Namun perut ibu yang pernah hamil beberapak kali akan tampak turun karena ototnya mulai kendur. Pada ibu hamil yang cairan ketubannya banyak, bentuk perutnya akan lebih besar dan bulat.

13. MITOS : Minum susu kedelai atau makanan yang terbuat dari kacang kedelai akan membuat bayi berkulit putih.

FAKTA : Minum susu kedelai ataupun makan makanan yang terbuat dari kacang kedelai tidak berpengaruh pada warna kulit bayi. Warna kulit bayi diturunkan secara genetis dari orang tuanya.

14. MITOS : Terlalu sering makan jeruk akan meningkatakan lendir pada paru-paru jani dan resiko kuning saat bayi lahir.

FAKTA : Mitos ini tidak benar. Jeruk ini justru merupakan sumber vitamin C dan serat yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Karena itu, mengkonsumsi jeruk selama kehamilan dianjurkan.

15. MITOS : Jika menginginkan bayi cerdas dan persalinan lancar, sering-seringlah berhubungan intim selama hamil.

FAKTA : Tidak benar bahwa sperma mengandung zat penyubur sehingga janin yang terkena semburan bisa tumbuh subur dan cerdas. Kesehatan janin dalam rahim sama sekali tidak berkaitan dengan sperma dan frekuensi hubungan intim. Kesehatan dan kecerdasan janin tidak dipengaruhi oleh kualitas sperma suami, melainkan faktor genetik dari kedua orangtuanya. Orangtua yang cerdas tentu pula berpeluang melahirkan anak yang cerdas pula. Bagi calon ibu yang memiliki gangguan kehamilan, seperti riwayat keguguran, placenta previa dan sebagainya, sebaiknya tidak melakukan hubungan intim untuk sementara waktu. Hubungan intim akan meningkatkan kontraksi otot-otot rahing sehingga resiko keguguran atu janin lahir prematur akan meningkat. Selain itu si ibu juga mengalami resiko perdarahan.Mitos ini diduga muncul karena orang mengkaitkan kasih sayang dan perhatian orangtua, dimana kondisi psikologis si ibu mungkin dapat menjadi lebih tenang dan nyaman dengan sering berhubungan intim. Kondisi kejiwaan ibu akan mempengaruhi janin yang dikandungnya. Calon ibu yang merasa tenang dan nyaman akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, dan proses persalinan pun dapat berjalan lancar. Namun hal sebaliknya juga bisa terjadi jika calon ibu justeru tidak menikmati hubungan intim tersebut karena merasa terpaksa atau semata-mata karena kewajiban.

16. MITOS :Makan makanan pedas saat hamil akan menyebabkan bayi lahir dengan bercak kulit kemerahan atau bayi akan berkulit lebih gelap/hitam.

FAKTA: Sekali lagi warna kulit seseorang tidak ditentukan oleh makanan pedas, tapi factor genetic dari orang tuanya. Dan faktanya bahwa makan makanan pedas saat hamil, membuat rasa tak enak di perut apalagi bila anda sedang mual, jadi bukan karena menyebabkan bercak kemerahan pada kulit.
makan makanan pedas ini masih di perbolehkan, asalkan si ibu tidak terganggu kondisinya contoh sampai menyebabalkan diare. hal ini yang di khawatirkan dapat menyebabkan dehidrasi yang barakibat membahayakan janin.

ini hanya sebaagian mitos yang saya kumpulkan dari berbagai sumber dan berdasarkan saya alami. untuk lebuh jelasnya bisa juga ni di buka beberapa sumber yang saya ambil. semoga bermanfaat :)

sumber1, sumber2, sumber3.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 17, 2013 by in Uncategorized and tagged , , , , , .
Januari 2013
S S R K J S M
« Mei   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

bisnis hebat

kuliah sambil kerja?? cek this out :)

my instagram

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.951 pengikut lainnya.