ameliaokta

all stories about me and around my little world

mood swing saat hamil, normalkah?

mood swing atau perubahaan mood yang sangat drastis pada ibu hamil sering kali terjadi, termasuk pada saya sendiri. kahamilan seharusnya menjadi hal yang sangat menyenangkan bukan? terlebih bagi kita yang sudah menikah dan merancanakan punya momongan.

perubahan mood ini berasa banget bila di banding sebelum hamil, jadi tambah ngambekan,  sering nangis tanpa sebab, sering merasa kurang di perhatikan, sering merasa sendiri menghadapi kehamilan, mau ini itu ya usaha sendiri. ini sih yang saya rasain saat kehamilan.

eh, saya sadar lho kalo itu salah dan ga boleh merasa seperti itu. tapi seolah olah hal tersebut ga bisa kita kendalikan. bumil yang lain gitu juga ga yaa? :s

berbekal baca sana sini, mood swing ini sangatlah wajar terjadi pada ibu hamil lho. (yess ada alibi) :p. ini di sebabkan oleh faktor hormonal yakni hormon estrogen. mood swing ini biasanya terjadi di kehamilan awal (trisemester 1), dan akan membaik di trisemester , namun cenderung akan meningkat lagi saat tri semester 3.

tapi meski hal tersebut wajar, perubahan mood ato perubahan emosi contohnya marah ini dapat berdampak negatif buat debay lho.

“riset menunjukkan rasa marah atau resah yang berkepanjangan, seperti jika ibu mempunyai masalah dalam hubungan atau suami yang tidak pedulian, atau bila ibu hidup dalam kondisi yang sulit, bisa membahayakan bayi. Efek dari perasaan tersebut bisa menyebabkan kelahiran yang bermasalah, berat badan bayi rendah, kolik pada bayi, dan masalah belajar di kemudian hari. Untungnya, banyak studi yang menunjukkan bahwa jika ibu secara umum merasa bahagia dan positif mengenai kehamilannya dan tidak menutup diri dari bayinya, efek dari emosi negatif pun cenderung berkurang.” (sumber)

hmm, ngeri juga ya dampak nya😦. tapi Bismillah, si kaka dalam perut emak bakal sehat dan normal semua ya naaak. *toss.

nah, yang bisa mengatasi mood swing ini adalah ibu hamil sendiri, namun perlu dukungan dari lingkungan sekitar. ada juga tips yg saya baca nih mungkin bisa di praktekan ya.

caranya mudah, lakukanlah hal-hal yang menyenangkan hati Anda Mom, seperti:
• Misalnya Anda hobi membaca buku, maka ajaklah suami menemani Anda ke toko buku. Jika Anda merasa ‘jelek’ karena tubuh menggemuk dan wajah berjerawat, sesekali manjakan tubuh di salon atau spa.
• Kalau malas ke luar rumah, minta suami untuk memijati tubuh sambil mendengarkan keluh-kesah Anda, setelah itu berendamlah di air hangat agar tubuh rileks.
• Untuk suami dan keluarga terdekat berilah BuMil perhatian ekstra, ketenangan, kenyamanan serta kasih-sayang. Yang tak boleh dilupakan berikan asupan zat gizi dan istirahat yang cukup!
• Jika mood swing yang dialami BuMil karena pernah mengalami kesulitan saat mengasuh anak terdahulu maka berkonsultasilah dengan para ahli. (sumber)

2 comments on “mood swing saat hamil, normalkah?

  1. elya
    Februari 14, 2013

    engga, aku ga gituu

    • meliaokta
      Februari 19, 2013

      hohoho ak jadi sering banget bad mood mbaa el

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Februari 14, 2013 by in ceritaku and tagged , , , , , .
Februari 2013
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  

bisnis hebat

kuliah sambil kerja?? cek this out :)

my instagram

my twitter

%d blogger menyukai ini: