ameliaokta

all stories about me and around my little world

hindari kopi saat hamil

selama kehamilan ini banyak sekali momen yang hilang, salah satunya adalah momen menyeruput secangkir kopi di pagi hari. uuh, di awal kehamilan momen ini saya rasa sangat berat, mengingat kebiasaan saya selalu minum kopi saat pagi hari dan terkadang minum lagi di sore hari. seperti sudah kecanduan, menghindari kopi ini serasa lebih berat dari pada mual muntah yang saya alami selama trisemester pertama.

awal konsultasi ke dokter (pertama di PKU muhamadiyah kota gede), dokter mengatakan “tidak masalah konsumsi kopi asal tidak lebih dari 3 gelas dalam sehari (untuk yang sudah terbiasa minum kopi), tapi kalo tidak biasa mendingan jangan”. setelah pindah doter ke dokter yang sekarang, di wanti wanti selama pokoknya yang ga boleh itu “ROKOK, AKLOHOL DAN KOPI”.

images

saking shocknya, awal saya ga sempat bertanya kenapa kok ga boleh??. akhirnya saya browsing2 deh kenapa ibu hamil itu ga boleh minum kopi.

dari beberapa artikel yang saya baca, minum kopi selama kehamilan itu boleh asalkan tidak lebih dari 3 cangkir per hari atau kandungan kafein nya tidak melebihi 200mg/ hari. dalam 1 cangkir biasanya terdapat 76 -137 mg kafein. oia, kafein ini tidak hanya terdapat di kopi lho ya, di teh juga ada. hanya saja kandungan di teh cenderung lebih kecil yakni berkisar antara 26-48 mg.

yes, saya dapet alibi nih, meskipun masih saya tahan sebisa saya. kalo tidak kuat, paling saya nyruput kopinya suami😀 (maapkan saya ya suamikuu)

efek yang di timbulkan kalo kita konsumsi minuman ato makanan melebihi kadar kafein yang di anjurkan ini serem juga, diantaranya :

  • Stillbirths ( Bayi Lahir Mati )

Wanita yang melebihi batas yang direkomendasikan untuk asupan kafein memiliki dua kali lebih banyak kemungkinan untuk melahirkan bayi lahir mati. Molekul kafein secara serius dapat mengganggu gizi yang bayi terima melalui plasenta.

  • Keguguran

Ini adalah efek dari kafein yang paling umum dan dikenal luas terhadap kehamilan. Bahkan wanita yang sedang berusaha untuk hamil disarankan untuk tidak minum kafein karena bisa mengakibatkan keguguran sangat awal.

  • Testis yang tidak turun pada janin Laki laki

Biasanya, testis turun dari panggul ke dalam skrotum selama trimester terakhir. Namun, ditemukan bahwa wanita yang mengandung janin laki-laki akan cenderung melahirkan anak dengan kondisi ini jika mereka minum kopi terlalu banyak selama kehamilan.

  • Bayi Insomnia

Bayi yang baru lahir biasanya menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk tidur selama beberapa minggu pertama dalam kehidupan mereka. Namun, jika sang ibu mengkonsumsi kopi berlebihan selama kehamilan, maka bayi tersebut kemungkinan akan menghabiskan berjam-jam terjaga setelah kelahirannya. Karena tidur merupakan yang terpenting bagi bayi selama tahap pembangunan, insomnia dapat mengakibatkan banyak masalah perkembangan pada bayi tersebut.

  • Denyut Jantung Cepat

Bila ibu hamil minum kopi, kafein melintasi plasenta dan masuk ke dalam tubuh bayi. Hati mungil si bayi kemudian perlahan-lahan memetabolisme kafein. Akibatnya, ketika bayi tersebut lahir, mereka memiliki detak jantung yang abnormal cepat.

  • Bayi Mengalami Gangguan Perkembangan

Ibu hamil yang mengkonsumsi kopi berlebihan juga rentan untuk melahirkan bayi dengan masalah perkembangan atau cacat.

ngeri banget kan ya bund, alhamdulillah ya selama kehamilan saya ga bandel2 amat, cm itungan jari aja saya minum kopi dan paling mentok cuma separo. semoga si kakak sehat sampe mbrojol nanti🙂 *amin yaa rabbal alamin*

sumber

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on Maret 4, 2013 by in ceritaku, info dan tips and tagged , , , , .
Maret 2013
S S R K J S M
« Feb   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

bisnis hebat

kuliah sambil kerja?? cek this out :)

my instagram

my twitter

